makalah komponen-komponen komputer

KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, taufik, hidayah, serta kemudahan yang telah diberikan. Sehingga, kami dapat menyelesaikan makalah Komponen-Komponen Komputer secara tepat waktu. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Luqman  Hakim yang telah membimbing kami dalam menyusun makalah ini.

            Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Komputer Pembelajaran. Adapun materi terkait yang kami susun berisi tentang komponen-komponen komputer. Materi-materi tersebut diuraikan dalam bentuk teori serta diberikan contoh.

             Kami sangat menyadari atas kekurangan dalam makalah ini baik dari isi maupun struktur penulisannya. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan makalah kami. Semoga makalah ini dapat memberikan informasi serta menambah wawasan bagi pembaaca dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Lamongan, 30 april 2020

Kelompok 5

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat dan masih akan terus berkembang tanpa ada batasan. Dengan adanya perkembangan ini secara tidak langsung manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang sangat cepat adalah perkembangan teknologi dalam bidang komputerisasi.

Komputer merupakan sebuah perangkat teknologi yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Komputer juga mempunyai berbagai kegunaan. Seperti mengerjakan pekerjaan kantor, tugas kuliah, media informasi atau komunikasi, sebagai media hiburan ,dan masih banyak lagi. Komputer juga terbagi dari berbagai komponen-komponen komputer. Dengan dasar komponnen-komponen komputer tersebut tujuan dari makalah ini adalah membahas tentang pengertian komponen-komponen komputer dan fungsinya.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja komponen yang terdapat dalam komputer?
  2. Apakah yang dimaksud dengan perangkat keras (hardware)?
  3. Apakah yang dimaksud dengan perangkat lunak (software)?
  4. Apakah yang dimaksud dengan brainware?

C. Rumusan Masalah

  1. Mendiskripsikan komponen yang terdapat dalam komputer.
  2. Mendeskripsikan tentang hardware beserta contohnya.
  3. Mendriskipsikan tentang software beserta contohnya.
  4. Mendiskripsikan tentang  brainware beserta contohnya.

BAB II

PEMBAHASAN

A. DEFINISI KOMPUTER

Komputer adalah sebuah alat atau perangkat yang digunakan untuk mengelolah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Menurut Donald H Sanders komputer adalah sebuah sistem elektronik yang memiliki fungsi untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta telah dirancang atau dioorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memproses dan menghasilkan sebuah output dibawah kontrol rumus yang telah di rancang.

komputer mampu berproses jika semua komponen saling bersinergi dalam berproses. Komputer terdiri dari 3 komponen yaitu perangkat perangkat keras (Hardware), lunak (Software) dan tenaga ahli (Brainware).

B. PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

  1. Definisi Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau yang disebut dengan perangkat keras pada komputer ialah semua bagian dari komputer yang mampu dilihat dan dipegang secara nyata. Hardware atau perangkat keras hanya dapat bekerja berdasarkan perintah atau intruksi yang telah diberikan padanya atau disebut instruction set.

2. Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras Masukan  (Input Device)

Perangkat Keras Masukan  (Input Device) merupakan komponen dari perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukan data ke dalam memori dan processor untuk diolah agar menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan. Data yang diinput atau di masukan dapat  berupa sinyal input atau maintence input.

Sinyal input merupakan data yang dimasukan ke dalam sistem komputer sedangkan maintence input merupakan program yang digunakan untuk mengelolah data yang telah masuk. Adapun jenis-jenis dari input device ialah sebagai berikut :

  1. Keyboard

Keyboard merupakan salah satu dari bagian hardware yang digunakan untuk menginput atau memasukan data pada komputer. Keryboard memiliki fungsi yaitu sebagai berikut :

  1. Memasukan huruf dan angka ke dalam komputer
  2. Memasukan  karakter khusus sebagai media bagi pengguna atau user untuk melakukan perintah seperti menyimpan file (CTRL+S) atau membuka file (CTRL+O)

Adapun jenis jenis keyboard ialah sebagai berikut :

  1. Keyboard QWERTY
  2. Keyboard DVORAK
  3. Keyboard KLOCKENBERD

Pada saat ini keyboard yang sering digunakan adalah keyboard QWERTY. Keyboard qwerty sendiri memiliki 4 bagian yaitu :

  1. Typewitter key

Typewitter key merupakan tombol yang terdiri atas alphanet. Tombol ini merupakan tombol utama pada keyboard qwerty.

  • Numeric key
  • Numeric key terletak pada sebelah kanan keyboard pada komputer sedangkan pada laptop terletak pada atas alphabet. Numeric key terdiri atas angka.
  • Function key
  • Function key terletak paling atas dalam keyboard komputer. Function key memut F1 – F2 .
  • Special function key

Tombol ini terdiri dari CTRL, SHIFT dan ALT

  • Mouse

Mouse adalah satu salah hardware yang memiliki fungsi untuk memindahkan atau menggerakan kursos, sebagai perintah praktis yang lebih cepat dibandingkan keyboard. Mouse terdiri dari 3 tombol yaitu :

  1. Tombol penggulung atau scroll
  2. Tombol kanan
  3. Tombol kiri atau click
  4. Lightpen

Lightpen merupakan teknologi berbentuk pulpen atau bolpoint yang dikolaborasikan pada layer sentuh. Penggunaan lightpen sangat praktis yaitu dengan menyentuhkannya pada layer monitor secara langsung. Lightpen berfungsi untuk menginput data pada komputer. Lightpen memiliki sensor yang mampu mengirimkan sinyal cahaya pada komputer kemudian akan direkam oleh layer monitor enam sinyal elektronik pada setiap barisnya dalam waktu perdetik.

  • Layer Sentuh

Layer sentuh adalah modifikasi pada layar monitor dimana penggunaan nya dengan cara disentuh secara langsung pada permukaan layer. Pada penggunaan layer sentuh ini pengguna mampu mengubah atau memilih operasi yang akan dilakukan dengan menyentuhnya.

  • Scanner

Scanner adalah perangkat hardware yang memiliki fungsi untuk menyalin teks atau gambar yang kemudian disimpan kedalam memori komputer yang akan disimpan dalam hardisk. Cara kerja scanner adalah dengan menempelkan teks arau gambar yang akan dicopy pada scanner. Scanner akan memindahkan suatu objek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan radiasi elektromagnetik atau sinar yang terlihat seperti sinar laser.

  • Touchpad

Touchpad adalah pengganti mouse pada laptop yang penggunaan nya disentuh secara langsung oleh jari tangan.

CPU adalah piranti yang bertugas memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

  1. Processor

Processor merupakan komponen penting yang ada pada komputer yang biasanya digunakan dalam memproses data-data serta mengontrol berbagai sistem yang ada pada komputer. Processor ini berfungsi sebagai otak untuk mengendalikan kerja komputer dan bekerja sama dengan perangkat komputer lainnya. Bentuk dari processor ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit). Chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berbentuk persegi berukuran kecil yang yang memuat jutaan transistor serta komponen elektrik. Ada tiga bagian penting dalam processor yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Unit Control (CU), dan Unit Memori (MU). Adapun jenis-jenis processor, diantaranya processor onboard, slot Prosesor, dan soket prosesor.

  • Memory

Memori merupakan perangkat pendukung CPU dalam melakukan proses pengoperasiannya. Memori ini digunakan untuk menampung data baik yang akan di proses maupun yang telah di proses dari CPU. Selain itu, memori juga dapat berfungsi untuk menyimpan data secara permanen maupun sementara. Ada dua jenis memori dalam penyimpanan pada computer, yaitu memori internal (memori yang dapat di akses langsung oleh processor) dan memori eksternal (memori tambahan). Memori dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Main memory (memori utama) adalah salah satu media penyimpanan yang berbentuk array dan di susun kata atau byte. Dalam main memory ini dapat menyimpan dengan kapasitas penyimpanann jutaan susunan. Setiap data yang di simpan pada main memory ini bersifat volatile sehingga data yang di simpan sementara, lalu apabila sumber listrik mati maka data akan hilang. Main memory digunakan untuk penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU dan perangkat Input maupun Output.
  2. Backing storage (unit penyimpanan) adalah salah satu media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis program maupun file dalam kapasitas besar yang nantinya dapat dipergunakan kembali oleh user. Namun, backing storage memiliki kecepatan yang lebih rendah. Backing storage juga disebut sebagai tempat penyimpanan cadangan. Adapun contoh dari backing storage, diantaranya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), dan CD/DVD ROM.
  • Motherboard

Motherboard merupakan media yang digunakan untuk menyatukan berbagai macam perangkat keras pada sistem unit computer. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua komponen penyusun yang ada pada computer. Tugas dari motherboard yaitu menyambung atau menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi aktivitas kerja perangkat dalam komputer. Ada dua jenis motherboard yaitu motherboard untuk prosesor intel dan motherboard untuk AMD. Adapun bagian-bagian dari motherboard, diantaranya chipset, PCI, PCI express, ISA, dan AGP.

  • Power Supply

Power Supply adalah Sebuah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai penyalur tegangan alur listrik kepada komponen-komponen hardware komponen lainya yang terpasang pada motherboard. Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan casing komputer.

  • Output Device (Perangkat Keras Keluaran)

Output device adalah dari proses tulisan, image, suara, dan bentuk lainnya yang bisa dibaca oleh komputer dengan fungsi untuk memasukkan hasil pengolahan kata yang berasal dari CPU kedalam suatu media komputer yang dapat dibaca atau digunakan oleh manusia. Output device juga diartikan sebagai perangkat yang dapat menampilkan hasil pengolahan, pemasukan data, atau perintah pada komputer. Yang termasuk kedalam Output Devise adalah sebagai berikut:

  1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video visual atau biasa disebut layar tampilan komputer. Monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar, ukuran resolusi ditentukan oleh lebar piksel dan tinggi piksel atau jumlah piksel (picture elemen) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layar sedangkan inhi adalah ukuran layar monitor secara diagonal. Sebuah layar monitor 17 inchi dapat memiliki resolusi 1024×768 atau 1024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Layar monitor 20 inchi memiliki 1600×1200. Dengan kata lain semakin besar resolusi maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan monitor.

Macam-macam monitor:

  1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRt adalah monitor yang menggunakan media tabung sinar katoda yang layarnya terbuat dari tabung hampa, monitor ini hampir sama dengan jenis televisi tabung sehingga memiliki ukuran yang relatif besar dibangding monitor lainnya.

  • Datar (Flat Panel Display), Menurut jenisya layar datar dibagi menjadi menjadi tiga, yaitu: LCD, LED dan Plasma
  • LCD (Liquid Cristal display) menggunakan media cairan kristalyang nantinya akan dilewati oleh sinyal listrik sehingga akan membuat sinyal kristal didalamnya menghasilkan cahaya. LCD memiliki resolusi lebih besar daripada CRT.
  • LED (Light Emitting Diode) monitor ini memiliki bentuk seperti monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. LED menggunakan emisi cahaya untuk menampilkan tampilan pada layar.
  • Monitor Plasma Merupakan monitor yang menggunakan gas neon yang dialiri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan piksel. Monitor ini menggunakan teknologi gabungan antara LCD dan CRT yan membuat sudut pandang luas seperti CRT dan ketipisan monitor sama seperti LCD.
  • Printer

Printer adalah perangkat keras komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan.

Macam-macam jenis Printer:

  1. Dot Matrix

Printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin sehingga akan menghasilkan titik-titik yang saling terhubung dan membentuk teks pada media kertasnya.

  • Daisy Wheel

Printer ini menggunakan roda yang berisi karakter-karakter sehingga lebih menarik.

  • Line printer

Line printer biasanya bekerja dengan mencetak media satu baris perwaktu

  • Thermal

Printer Thermal  menggunakan sistem pemanas elektronik untuk mengaktifkan tinta pada roll karet dan memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin yang dapat membakar titik pada kertas tersebut sehingga dapat menghasilkan cetakan dengan baik. Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak data secara cepat seperti nota pembelian.

  • Ink-Jet

Ink-Jet merupakan printer yang menggunakan tinta untuk menghasilkan warna dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta tersebut kedalam cetakan. Printer ini biasa digunakan untuk bahan presentasi, cetak foto, cetak berwarna maupun hitam putih, dan mencetak kertas biasa ataupun pad plastik.

  • Laser

Printer laser menggunaan teknologi laser untuk menghasilkan titik-titik yang membentuk text atau gambar pada media kertas.Printer ini dirancang untuk komputer mainframe karena memiliki kecepatan sekitar 229 halaman permenit, dan untuk komputer PC dengan kecepatan 4-25 halaman permenit.

  • Multifungsi

Printer ini sama dengan printer Ink-Jet, namun printe ini biasanya digabung dengan scanner, fax, fotocopy atau telephone.

  • Speaker

Speaker adalah perangkat keras komputer guna untuk media mengeluarkan hasil proses oleh CPU berupa suara atau audio baik dari video maupun musik player. Bentuk dari speaker komputer sangat beragam dengan kekuatan dalam pengeluaran suara yang berbeda-beda tergantung dengan tegangan yang digunakan. Macam-macam speaker pada komputer yaitu:

  1. Speaker 2.0
  2. Speaker 2.1
  3. Speaker 4.0
  4. Speaker 4.1
  5. Speaker 5.0
  6. Speaker 5.1
  7. Speaker 6.0
  8. Speaker 6.1
  9. Speaker 7.0
  10. Speaker 7.1
  11. LCD Proyektor

C. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

  1. Pengertian

LCD Proyektor adalah Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan gambar, video, atau data komputer pada sebuah layar atau suatu permukaan yang datar seperti tembok. LCD proyektor biasa digunakan sebagai media presentasi karena penampilan gambar atau data dengan ukuran besar sehingga dapat dilihat anggota presentasi dengan jelas. LCD proyektor bekerja dengan bantuan kabel data sebagai alat penghubung antara LCD proyektor dengan komputer.

Perangkat lunak (software) komputer adalah  program-prograam yang berisi perintah dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer untuk diproses melakukan suatu perintah. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin computer.

2. Komponen Software

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumberdaya sistem komputer. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Adapun macam-macam operasi berupa:

  1. DOS
  2. Windows, beberapa versi windows: windows 3.11, windows 98, windows ME,windows 95, windows 2000, windows 2005,windows 2000 server, windows XP, windows 8, windows vista, windows 2010, dan windows 2013.
  3. Linux, macam-macam distro linux: Redhat, Fodore, Core, Mandrake, Suse, Knoppix, Ubuntu/Edubuntu, Mikrotik, Debian, dan Reolhal.
  4. Apple System
  5. Machintos
  6. Novell
  7. Sunsoft
  8. Unix
  9. Program tambahan/Program bantu (Utility)

Utility adalah perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, contohnya untuk memeriksa perangkat keras disket yang rusak, mengatur isi ulang harddisk (partisi, defrag). Contoh: Norton Utility.

  • Bahasa  komputer (Bahasa Pemrograman)

Bahasa Komputer adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer. Disebut bahasa komputer sebab mempunyai kosa kata dan tata bahasa yang harus di taati oleh setiap user agar tidak menimbulkan error. Berikut dua tingkatan dari bahasa computer :

  1. Low Level Language (Bahasa tingkat rendah) adalah bahasa tingkat rendah, sebab bahasa tersebut sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contoh: bahasa mesin dan assembly language.
  2. High LevelLanguage(Bahasa tingkat tinggi) adalah bahasa tingkat tinggi, sebab mengenakan kosa kata yang mudah untuk dimengerti oleh user lain.Contoh: Cobol, Pascal, Database, Visual Basic, C++, Fortron, dll.
  3. Program Aplikasi 

Program aplikasi adalah perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan dipakai untuk membantu melaksanakan suatu pekerjaan oleh user. Adapun jenis-jenis program aplikasi, diantaranya :

  1. Word Processing adalah suatu program yang digunakan untuk menyunting sebuah naskah. Contoh: microsoft word, word star, word pad, Kward, Abi word, dan notepad.
  2. Program Spreadsheet adalah suatu program yang dipakai dalam mengolah data secara berkolom. Contoh: microsoft exel, lotus 123, lotus improv, dan simponi.
  3. Program aplikasi pengolah presentasi adalah suatu pogram aplikasi yang dipakai untu membuat rancangan presentasi berupa slide yang digunakan untuk mempresentasikan sesuatu dalam suatu pertemuan. Contoh: Microsoft Power Point, Open Office Impress, Kpresenter, dan iWork KeyNote.
  4. Program aplikasi multimedia adalah software yang dipakai untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti audio atau pun video atau juga gambar. Contoh : windows media player, winamp, DVD player, dan GOM.
  5. Program aplikasi desain grafis adalah suatu program yang berfungsi untuk membuat atau merancang bangunan sebuah benda yang berbentuk ruangan gedung, peta kota, dan masih banyak lagi. Contoh: photoshop, photo paint, corel draw, picasa, dll.
  6. Antivirus adalah suatu program yang berfungsi untuk mendeteksi sekaligus menghilangkan virus yang ada atau tertular di dalam komputer yang sedang dipakai. Contoh: Avas, Avira, Smadav, Kospersky, Norton Antivirus, AVG Free, MCA Free, PCMAV, Norton Internet Security, Norton 360, Nod 32, dan yang lainnya.
  7. Program Paket adalah program khusus dalam paket-paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Adapun macam-macam program aplikasi paket, diantaranya:
  8. Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
  9. Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
  10. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.
  11. Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
  12. Program browser, contohnya adalah: Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
  13. Program database, contohnya adalah: Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
  14. Program animasi, contohnya adalah: Macromedia Flash, Swish, dll.
  15. Program multimedia, contoh: Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player.

D. BRAINWARE

  1. Pengertian

Brainware (tenaga ahli) adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian computer, seperti system analisis, programmer, operator, user, dll. Brainware sering juga disebut sebagai perangkat lunak intelektual yang akan memakai dan menjelajahi kemampuan hardware/perangklat keras maupun software atau perangkat lunak. Adapun contoh dari brainware, diantaranya:

  1. Netter

Netter adalah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajah internet untuk maencari situs-situs yang ada di internet sehingga disebut juga dengan surfing dan dengan kata lain juga disebut penjelajah kata kunci/ keyword. Misalnya kita akan menjelajah menggunakan Yahoo terus mengetikkan kata kunci tertentu sepeti kata tas maka akan menampilakan situs-situs mengenai tas , itulah yang disebut dengan surfing atau menjelajah.

  • EDP Departement

Pengolah Data Elektronik akan mengarah pada penggunaan metode otomatis untuk mengolah data komersil. Biasanya, ini akan menggunakan yang relative sederhana, aktifitas akan berulang untuk memproses volume besar informasi serupa. Sebuah EDP  Manager mencari setelah Departemen EDP. EDP berarti Penggolahan Data Elektronik. Umunya pada dasarnya dalam sebuah perusahaan ada departemen yang terlihat semua pekerjaan komputer. Beberapa perusahaan menyebutnya sebagai Departemen IT dan beberapa menyebut departemen ini dengan EDP Departemen.

  • Network System

Network System adalah sebuah jenis operasi yang akan ditujukan pada jaringan. Pada umumnya, sisten operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak, DNS, service, HTTP service, atau lainya.

  • Komponen
  • Operator

Operator komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti insrtuksi yang akan ditetapkan dalam runbook yang telah disusun Programer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak akan memodifikasi program sebelum atau selama program berjalan.

  • Teknisi

Teknisi merupakan seorang yang akan bertanggung jawab untuk maintenance (pemeliharaan) tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus dapat mempunyi pengetahuan yang luas mengenai troubleshooting atau sebagainya. Teknisi memiliki beberapa spesailis tergantung dari bidang yang akan dialami.

  • Network Engineer

Network enginer merupakan orang yang akan merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking. Dia akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode-metode baru agar menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

  • Hardware Engineer

Hardware engineer merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode atau teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga akan muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.       

  • Software Engineer

Software engineer merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk menggembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, ataupun juga sistem operasi).

BAB III

PENUTUP

Komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling beker jasama, dapat menerima data (input), mengolah data (process), dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memori komputer. Komponen pada komputer terbagi menjadi tiga, yaitu: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan tenaga ahli (brainware).

  1. Perangkat keras (hardware) computer adalah semua bagian peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Perangkat keras (hardware) computer mempunyai empat komponen utama, yakni input device, central processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices
  2. Perangkat lunak (Software) computer adalah program yang berisi kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer untuk melakukan proses tertentu.
  3. Brainware (tenaga ahli) adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti system analis, programmer, operator, user, dll

KRITIK DAN SARAN

Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyaratkat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inofatif.serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

Penulis sangat menyadari betul banyaknya kesalahan beserta kekurangan. maka hendaknya, pembaca berkenan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. 2020. Contoh Perangkat Lunak di https://www.yuksinau.id/perangkat-lunak/ (diakses 9 April 2020).

Krisbiantoro, Dwi. 2018. Buku Ajar Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Deepublish.

Pengajarku. 2020. Brainware Adalah di https://pengajar.co.id/brainware-adalah/ (di akses 9 April 2020).

Kurniawan, Aris. 2020. Definisi Komputer, Bagaian, Bekerja, Software, Hardware, Fungsi, Para Ahli. Guru Pendidikan. (Online) diakses pada tanggal 29 April 2020 melalui https://www.gurupendidikan.co.id/definisi-komputer/

Mada , Muhammad. Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Komputer. Academi.edu. (Jurnal Online) diakses pada tanggal 29 April 2020 melalui https://www.academia.edu/19069765/Pengertian_Hardware_perangkat_Keras_Komputer

6 respons untuk ‘makalah komponen-komponen komputer

Tinggalkan komentar